Senin, 07 Desember 2009

manajemen strategi


A. Pendahuluan 


I.Latar belakang masalah
Tujuan utama dari proses rekrutmen adalah untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan untuk waktu yang lama. Meskipun tujuannya terdengar sangat sederhana, proses tersebut ternyata sangat kompleks, memakan waktu cukup lama dan usaha yang tidak mudah dan sangat terbuka peluang untuk melakukan kesalahan dalam menentukan orang yang tepat. Kesalahan dalam memilih orang yang tepat sangat besar dampaknya bagi kemajuan organisasi. Hal tersebut bukan saja karena proses rekrutmen itu sendiri telah menyita waktu, biaya dan tenaga. tetapi juga karena menerima orang yang salah untuk suatu visi dan misi organisasi akan berdampak pada efisiensi, produktivitas, dan dapat menghambat kinerja pada diri yang bersangkutan dan orang-orang di sekitarnya.
Pada saat ini dimana kualitas pendidikan yang sudah semakin menurun kualitasnya, suatu lembaga atau organisasi seringkali mengalami kesulitan dalam mencari orang yang tepat. mengingat bahwa ada banyak sumber daya manusia yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi yang memadai. Rendahnya moral kerja yang telah berlangsung puluhan tahun semakin menyulitkan lembaga dalam mendapatkan orang yang benar-benar cocok. Selain menuntut keahlian dan ketrampilan para petugas rekrutmen lembaga atau organisasi juga harus benar-benar mempersiapkan proses rekrutmen dan seleksi secara maksimal.
Pengertian
Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar lembaga atau organisasi sebagai calon penerus dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia dalam organisasi tersebut.
Pelaksanaan rekrutmen dan seleksi merupakan tugas yang sangat penting, krusial, dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Hal ini karena kualitas sumber daya manusia yang akan digunakan lembaga atau organisasi sangat tergantung pada bagaimana prosedur rekrutmen dan seleksi dilaksanakan.

II. Identifikasi masalah



Dalam menghadapi problema diatas, ada beberapa kiat yang telah ditempuh oleh organisasi hidayatullah agar mendapatkan staf organisasi yang di harapkan.
1. Mengidentifikasi jabatan yang lowong dan berapa jumlah orang yang diperlukan.
2. menentukan dimana kandidat/ staf yang tepat harus dicari oleh Hidayatullah.
3. Mencari orang- orang yang dianggap memenuhi persyaratan  pada bidang/  jabatannya
4. Menyaring / menyeleksi orang- orang tersebut.
 
III. Rumusan Masalah
·        Bagaimana proses rekrutmen yang di tempuh oleh hidayatullah untuk mencari sejumlah orang yang diperlukan untuk menduduki jabatan dalam organisasinya.
·         Jalan Alternatif  yang dapat ditempuh untuk mencari kandidat staf yang di cari oleh Hidayatullah
·         Bagaimana prosedur yang dilakukan dalam menyaring/ menyeleksi calon staf 

B. Landasan teori
Dalam mencari sumber guna mengemukakan teori yang akan di bahas, maka penulis mengambil beberapa buku sebagai bahan referensi serta beberapa informasi yang diambil dari media internet.

C.Metodologi
Metode yang digunakan penulis dalam menyusun makalah ini menggunakan metode pengambilan data secara langsung, karena dengan metode ini penulis dapat mengambil data secara langsung tanpa harus terjun ke lapangan. Hal ini penulis tempuh karena mengingat keadaan waktu, tenaga, dan biaya yang terbatas.
D. Analisis dan interpretasi
Bagaimana proses rekrutmen staf yang ditempuh oleh hidayatullah dalam mencari sumberdaya manusia yang potensial untuk dapat menduduki jabatan yang telah tersedia di Hidayatullah?
Proses rekrutmen dimulai saat adanya bidang pekerjaan baru pada organisasi antara lain dengan mengajukan permintaan pengunduran diri kepada staf yang dirasa tidak mampu dalam menjalankan tugas yang dibidanginya. adanya pemecatan yang direncanakan terhadap staf yang dirasa kurang berpotensi dalam menjalankan tugasnya. Dengan melihat dinamika dari beberapa hal tersebut dan mencocokkannya dengan perencanaan sumber daya manusia yang sudah tersusun, maka akan diketahui jabatan apa saja yang tersedia dan berapa jumlah orang yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan tersebut.
 Jalan Alternatif  yang dapat ditempuh untuk mencari kandidat staf yang di cari oleh Hidayatullah?
 Ada dua alternative untuk mencari kandidat yakni dari dalam organisasi atau dari luar organisasi. Jika diambil dari dalam, apabila kebutuhan staf untuk masa yang akan datang telah direncanakan, maka perlu juga diketahui siapa kira-kira saat ini yang dapat dipercaya mampu menduduki jabatan yang di amanahkan oleh organisasi hidayatullah. Jika orang itu harus dicari dari luar organisasi maka perlu dipertimbangan dengan cermat metode rekrutmen yang tepat untuk mendapatkan orang tersebut.

Bagaimana prosedur yang dilakuakan dalam menyaring/menyeleksi calon staf
Prosedur seleksi perlu dilakukan jika: 1) pelaksanaan tugas pada jabatan yang akan diisi memerlukan ciri-ciri fisik dan psikis tertentu yang tidak dimiliki oleh setiap orang; 2) ada lebih banyak sumber daya manusia yang tersedia dibandingkan jumlah jabatan yang akan diisi. Ada banyak teknik atau metode seleksi yang dapat digunakan oleh organisasi. Hal terpenting untuk diperhatikan adalah bahwa masing-masing teknik seleksi mengukur karaktristik tertentu, sehingga akan memberi informasi yang berbeda-beda mengenai kandidat. Pemilihan suatu teknik/metode sebagai predictor dalam prosedur seleksi sangat tergantung pada: ciri-ciri pekerjaan, validitas dan persentase calon yang terseleksi. Beberapa teknik seleksi yang dapat digunakan adalah formulir lamaran, data biografi, referensi dan rekomendasi, wawancara, test kemampuan dan kepribadian, test fisik/fisiologis.
 

E.Penutup
Kesimpulan
Pada akhirnya, strategi rekrutmen dan seleksi yang baik akan memberikan hasil yang positif bagi organisasi. Semakin efektif proses rekrutmen dan seleksi, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan para staf yang tepat bagi organisasi. Selain itu, rekrutmen dan seleksi yang efektif akan berpengaruh langsung pada produktivitas dan kinerja dinamika organisasi. Dengan demikian maka pengembangan dan perencanaan system rekrutmen dan seleksi merupakan hal penting untuk dilaksanakan setiap lembaga/ organisasi supaya proses yang berlangsung cukup lama dan menguras tenaga serta pikiran tersebut tidak sia- sia.
Proses rekrutmen tidak berhenti begitu saja setelah orang menerima penawaran menjadi staf. Pada saat sudah menjadi staf, maka yang bersangkutan masih perlu dibantu agar ia dapat menjalankan tugasnya secara optimal dan bertahan untuk waktu yang lama. Staf organisasi hidayatullah tersebut harus dimonitori dan dinilai kinerjanya secara teratur, serta diberikan pelatihan dan pengembangan secara berlanjut. Pada tahap ini petugas rekrutmen perlu mengkaji ulang cara-cara yang dipakai dalam merekrut dan menyeleksi staf organisasi, hal ini sangat penting demi mencegah masalah-masalah yang mungkin timbul setelah orang itu diterima sebagai staf.

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI <<>>>MOGA BERMANFAAT<<<<<<<>>>>>>>>JANGAN PERNAH MERASA BOSAN DALAM MENUNTUT ILMU TUNTUTLAH ILMU DARI MULAI HIDUP SAMPAI ANDA MATI......