Rabu, 01 Juni 2011

PENGENALAN KOMPONEN HP



Simbol komponen
Pertama yang harus anda kenali terlebih dahulu adalah simbol komponen yang tertera di skema diagram, tentunya disini saya akan menggunakan contoh-contoh simbol yang memang sudah dijadikan simbol baku pada skema ponsel.

Simbol Resistor
Bila anda menemukan simbol seperti ini, maka komponen tersebut adalah komponen Resistor. “R720” adalah kode atau urutan pada layout PWB, tentunya setiap komponen akan mempunyai kode layout yang berbeda. Sedangkan “100R” adalah nilai dari resistor tersebut. Maka, R720 ini mempunyai nilai resistansi sebesar 100Ω.
 




Simbol Capasitor

Simbol seperti gambar ini adalah simbol Capasitor. “C386” adalah kode atau urutan pada layout PWB, sedangkan “1u0” adalah nilai dari Capasitor tersebut. Maka, C386 ini mempunyai nilai kapasitas sebesar 1 (satu) micro farad.







 Simbol Fuse
Gambar ini adalah simbol dari komponen Fuse, seperti yang telah dibahas pada bab sebelumnya “Fuse” adalah sikring. “F380” adalah kode atau urutan pada layout PWB, sedangkan “1,5A” adalah nilai dari Fuse tersebut. Maka F386 ini mempunyai nilai sebesar 1,5 Amper.

Simbol L (kumparan magnet)
Gambar ini adalah simbol dari komponen L (kumparan), “L380” adalah kode atau urutan pada Layout PWB, sedangkan 42R/100Mhz adalah nilai dari komponen “L” tersebut. Maka L380 ini mempunyai nilai resistansi sebesar 42 Ω dengan frequency 100Mhz.

Simbol Dioda
Gambar ini adalah simbol dari komponen Dioda, “V381” adalah kode atau urutan pada Layout PWB, sedangkan 1PMT 16AT3 adalah jenis/type dari komponen dioda tersebut. Seperti yang telah anda pelajari di bab sebelumnya, bahwa dioda tidak boleh dipasang terbalik, sebab dioda mempunyai polaritas yang telah ditentukan, maka dengan skema diagram kita dapat menentukan posisi kaki Anoda dan Katoda pada Dioda tersebut.
 





Simbol Transistor

Gambar ini adalah simbol dari komponen Transistor, “V601” adalah kode atau urutan pada layout PWB, sedangkan “BC848W” adalah jenis/type dari Transistor tersebut. Dengan skema diagram kita dapat menentukan posisi kaki Basis dan Emitor dan Colector pada Transistor tersebut.

 




Simbol Crystal Oscilator

Gambar ini adalah simbol dari Cystal Oscilator, “B190” adalah kode atau urutan pada layout PWB, sedangkan “32.768kHz” adalah nilai dari Cristal Oscilator tersebut.
Maka B190 ini mempunyai nilai frequency sebesar 32.768kHz.
 






Simbol EMIF

Gambar ini adalah simbol dari komponen EMIF, “R496” adalah kode atau urutan pada Layout PWB, sedangkan EMIF03-SIM01 adalah jenis/type dari komponen EMIF tersebut. Perlu anda pahami pula, pada gambar diatas kode simbolnya adalah “R” maka EMIF tersebut adalah EMIF jenis Resistor. Pada rangkaian Ponsel, biasanya mempunyai beberapa EMIF yang berbeda. Bila anda menemukan EMIF dengan kode yang diawali N, Z, V maka komponen tersebut masih tergolong komponen EMIF akan tetapi dengan jenis EMIF yang berbeda.





Simbol IC (Intergrated Circuit)

Gambar ini adalah simbol dari IC (Intergrated Circuit), “N601” adalah kode atau urutan pada Layout PWB, sedangkan “MJOLNER_PMB3346_F3_G1” adalah type dari IC (Intergrated Circuit) tersebut.












Simbol Microphone

 




Simbol Speaker
 





Simbol Konektor
 






Simbol Vibra
 





Simbol Keypad








0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI <<>>>MOGA BERMANFAAT<<<<<<<>>>>>>>>JANGAN PERNAH MERASA BOSAN DALAM MENUNTUT ILMU TUNTUTLAH ILMU DARI MULAI HIDUP SAMPAI ANDA MATI......